Login Daftar Konfirmasi Pembayaran Blog

APA ITU SENSORY PLAY, FINE MOTOR SKILL & GROSS MOTOR SKILL?

Usia balita merupakan masa terpenting untuk mengasah indera dan melatih otot-otot anak, karena mereka sedang berkembang. Hal tersebut dapat diasah dengan permainan sederhana yang menggunakan alat dan bahan dari keseharian kita. Sebelum bermain, pelajari dulu tipe-tipe permainan tersebut:


Sensory Play
Sensory play adalah permainan yang melatih dan menggunakan satu indera atau lebih (penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecap dan peraba). Permainan ini berguna untuk mendorong anak belajar observasi, menstimulasi indera, dan membangun hubungan syaraf di otak. Sensory play bisa dimainkan mulai dari anak umur 6 bulan sampai dengan 3 tahun (atau lebih). Yang penting untuk diperhatikan dalam memilih permainan adalah, jangan memaksakan kemampuan anak anda.

Fine Motor Skill
Fine motor skill (keterampilan motorik halus) merupakan kemampuan mengkoordinasi gerakan otot kecil  dari anggota tubuh yang melibatkan jari kaki, jari tangan, pergerakan mulut dengan koordinasi mata. Contoh dari kegiatan ini adalah menulis, menggunting, merobek kertas, dan bermain musik. Menstimulasi keterampilan ini dapat berguna untuk memacu anak menekuni bidang seperti art atau musik.

Gross Motor Skill
Gross motor skill (keterampilan motorik kasar) adalah kemampuan mengkoordinasi gerakan otot besar di keseluruhan anggota tubuh, terutama tangan dan kaki. Motorik kasar merupakan keterampilan untuk merangkak, berdiri, berlari, berjalan, melempar, atau bisa dibilang kemampuan fisik. Keterampilan motorik kasar ini dapat membantu anak agar cepat mandiri dan mendorong anak menemukan bakat dari keterampilan fisiknya (misalkan bermain sepak bola atau menari).